Sabtu, 26 Januari 2008

Bagaimana caranya mendapatkan e-mail gratis berbasis web dan POP3

Bagaimana caranya mendapatkan e-mail gratis berbasis web dan POP3 serta cara setup agar Anda bisa membukanya baik melalui browser maupun melalui Outlook Express. Alamat e-mail adalah satu-satunya gudang yang sah di internet untuk mendapatkan segala hal yang gratisan. Anda akan sangat memerlukannya pada langkah-langkah selanjutnya

Didunia internet, alamat e-mail berperan lebih dahsyat lagi. Ia bagaikan satusatunya mata uang yang sah untuk melakukan transaksi. Adalah satu kenyataan jika di internet orang bisa mendapatkan hampir segala-galanya, informasi, materi, program, software, pengetahuan dan bahkan uang dolar! Tetapi Anda harus membayarnya dengan alamat e-mail! Uniknya, alamat-alamat e-mail ini bisa diperoleh gratis!

Dengan mengisi form pendaftaran, form permintaan atau layanan-layanan internet lainnya, maka permintaan anda hanya akan diperhatikan jika anda mengisi alamat e-mail yang diminta. Sebagian besar diantaranya akan digunakan oleh penyedia layanan sebagai alat untuk pengecekan ulang. Sebagai contoh, jika anda ingin mendaftar ke suatu situs free webspace tertentu, maka saat mendaftar anda harus mengisi kolom alamat e-mail. Setelah pendaftaran selesai, anda akan dikirimi e-mail yang harus dijawab lagi ke pengirim (reply) sebagai tanda bahwa alamat e-mail tersebut benar-benar ada pemiliknya dan benar-benar serius meminta layanan tersebut.

Pada kasus yang lain, alamat e-mail akan digunakan oleh penyedia layanan untuk mengirimkan User ID dan kode Password. Utamanya jika ente mendaftar disebuah layanan online gratis atau ingin men-download program-program tertentu dari internet.

Setelah bisa mengakses internet, maka memiliki alamat e-mail adalah suatu keharusan!Sedemikian pentingnya alamat e-mail ini sehingga setelah dapat mengakses ISP-Gratis, langkah kedua yang harus ente lakukan adalah mendapatkan e-mail gratis!


Mendaftar ke Google Mail/ www.gmail.com

www.gmail.com adalah ESP (E-mail Service Provider) berbasis web yang mungkin paling cepat dan paling banyak diakses pengunjung saat ini. Anda akan bisa menerima, membaca atau mengirim e-mail melalui Web browser seperti Microsoft Internet Explorer atau Netscape Comunicator.


TELKOM MAIL, E-MAIL GRATIS BERBASIS POP3

Setelah memiliki alamat e-mail diGmail, anda harus menggunakan browser (Internet Explorer atau Netscape) untuk dapat membaca dan mengirim e-mail (kecuali dengan seting khusus yang akan dijelaskan dibawah). Anda tidak bisa menggunakan software pembaca e-mail yang lebih cepat seperti Microsoft Outlook, Netscape Mail atau Eudora misalnya.

Untuk bisa membaca surat dengan program-program yang disebutkan diatas, e-mail Anda harus berada di server yang menjalankan protokol post office versi 3 atau yang dikenal dengan POP3 (Post Office Protocol 3) untuk membuka e-mail dan menjalankan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) untuk mengirim e-mail. Saat ini di internet ada banyak sekali layanan e-mail gratis berbasis POP3/SMTP.

Sekarang, mari kita mendaftar disalah satu diantaranya, yakni di Telkom Mail. TelkomMail adalah layanan e-mail berbasis POP3/SMTP gratis dari Indonesia (TELKOM).
TelkomMail adalah layanan e-mail gratis berbasis POP3/SMTP yang paling cepat, mungkin karena pelanggan Indonesia banyak pake Telkomnet Instan.

Setelah selesai mendaftar, Anda akan memiliki alamat e-mail nama_anda@telkom.net. Setting server untuk program e-mail client-nya sendiri bisa dilihat pada saat Anda pertama kali masuk ke situs TelkomMail. Cara mendaftarnya sangat mudah. Berikut adalah contoh pendaftaran di TelkomMail untuk mendapatkan alamat e-mail nama_anda@telkom.net : yang nantinya akan kita gunakan dalam proyek pembuatan HomePage Serba-Gratis
#

1. Arahkan browser Anda ke alamat telkom mail.
#

2. Klik link ‘REGISTRASI’. Beberapa saat kemudian akan tampil persyaratan dan aturan main untuk bisa mendaftar dan memiliki account di TelkomMail. Diantaranya adalah bahwa ente tidak boleh menggunakan nama alamat email yang tidak pantas/tidak sopan, tidak boleh menggunakan TelkomMail untuk melalukan SPAMMING serta besar spasi yang akan diberikan kepada ente. Jika ente setuju dengan aturan mainnya, klik tombol ‘SETUJU’. Jika tidak setuju, klik ‘TIDAK’.
#

3. Jika ente setuju dan meng-klik tombol ‘SETUJU’, dilayar akan ditampilkan form pendaftaran. Diantara yang ditanyakan adalah; “Nama depan”, “Nama belakang”, “Jenis kelamin”, “Tanggal lahir”, “Alamat”, “Kota”, “Kodepos”, “Propinsi”, “Negara”, “No. telepon”, “Pekerjaan” “Income per bulan”, Username”, “Password” dll. Isilah kolom-kolom dalam form pendaftaran tersebut dengan benar. Periksa lagi semuanya dan setelah tidak ada kolom yang kosong, klik tombol ‘Submit’.
#

4. Jika nama yang ente inginkan sudah dipakai orang lain, atau jika terdapat satu atau lebih kolom yang belum terisi, maka akan muncul pesan ‘error’. Anda harus menekan tombol ‘Back’ pada browser dan mengulanginya kembali dengan nama lain atau isian yang benar. Jika segala sesuatunya telah ‘beres’, ente akan menerima pesan dan sejak saat itu ente bisa mengirim atau menerima e-mail baru berbasis POP3 menggunakan software Ms Outlook Express, Eodora Pro atau yang lain!

Untuk membaca dan mengirim e-mail dengan Eudora atau Outlook Express, setting e-mail yang harus Anda lakukan adalah :
# E-Mail Account = nama_anda@telkom.net
# POP server = pop3.telkom.net
# SMTP server = smtp.telkom.net

MEMBURU PENYEDIA LAYANAN E-MAIL GRATIS!

Mungkin Anda tidak percaya, akan tetapi inilah kenyataannya. Sekarang bisa terdapat puluhan ribu situs web yang ada di internet, adalah penyedia layanan e-mail gratis! Cobalah kunjungi beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine seperti Altavista, google atau yahoo. Lalu ketik “free e-mail” dan klik ‘GO’. Ikutilah link-link yang disodorkan dan Anda akan mulai pusing sendiri melihat banyaknya link ke penyedia layanan e-mail gratis yang ada di jagad ini!

Sebenarnya, alamat-alamat ini tidak ada gunanya lagi jika ente telah memiliki alamat e-mail di Gmail dan di TelkomNet. Akan tetapi jika Anda masih merasa kurang, berikut ane pilihkan sebagian daftar penyedia layanan e-mail gratis lain yang banyak digemari karena kemudahan dan fasilitasnya.

Penyedia Layanan E-Mail POP3 & SMTP Gratis!
Penyedia Layanan Alamat Homepage
263.net http://freemail.263.net
Crosswinds http://www.crosswinds.net
GeoCities http://www.geocities.com
Global Message Exchange http://www.gmx.net

dan masih banyak lainnya seperti :
# Mail.ru ,
# NetTaxi
# Polbox,
# Riftwar,
# SoftHome
# Telebot (+voicemail),
# TelkomMail
# Tfz.net,
# Tomcat
# Tonghua,
# Tutorial

Penyedia Layanan E-Mail Berbasis WEB Gratis!
# 163 Net
# 2BMail
# 5Start
# 888.nu
# AlloyMail
# AmexMail
# Altavista
# Angelfire
# Anti-social
# ApexMail
# ArcadeMaster
# Artic.net
# Asian City
# AstrosFan
# Backpackers
# BaseMail (Portugis)
# BBoy.com
# Bellsouth
# BigAssMail
# BimaMail
# Biz.st
# Busymail
# ByteMe
# Catcha
# CCNMail
# CewekCantik
# CHEK
# Chickmail
# ChinaLook
# Christianmail.net
# ClubVDO

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda