Sabtu, 26 Januari 2008

Mempelajari html

Anda akan mulai mempelajari html, bahasa inti yang dipakai untuk menulis halaman-halaman web. Namun sebelum anda memulai mempelajarinya, pastikan anda harus menjawab beberapa pertanyaan penting sebelum membuat Homepage. Setelah memahami langkah ketiga ini, Anda akan memiliki kemampuan untuk membuat homepage off-line. Yaitu situs homepage yang hanya bisa diakses dari komputer karena file-file yang membentuk homepage tersebut masih berada didalam harddisk.

Halaman-halaman web sangat mudah dibuat dengan editor HTML bertipe WYGIWYS (What You Get Is What You See). Editor semacam ini tersebar di jagat internet dan dapat diperoleh gratis. Sayangnya, kebanyakan editor secara ‘lancang’ menambahkan kode-kode tertentu yang kadang tidak kita harapkan. Beberapa diantaranya bahkan membelenggu kreatifitas karena tidak dapat dikendalikan secara total sesuai keinginan kita. Untuk membiasakan diri, mungkin hal semacam ini tidak menjadi masalah, bahkan penulis anjurkan untuk menggunakannya. Tetapi setelah sedikit terbiasa, Anda HARUS mempelajari HTML, terutama jika Anda ingin menjadi WebMaster kreatif, bukan sekedar WebDesainer!

Hal utama yang biasanya sangat menjengkelkan saat membuat situs web gratis adalah adanya selipan banner iklan atau munculnya iklan pop-up yang secara otomatis ditambahkan oleh penyelenggara free webspace-nya. Banner dan iklaniklan pop-up ini jelas memperlambat akses ke situs kita dan bahkan dapat memecah perhatian pengujung situs. Tentunya dengan trik khusus, kekurangan ini bisa diatasi. Akan tetapi trik ini membutuhkan pengetahuan HTML, terutama karena editor HTML biasanya secara otomatis memperbaiki kode-kode ‘mengganggu’ yang kita tulis. Padahal hanya dengan kode ‘mengganggu’ seperti inilah pop-up banner dan iklan dapat dilenyapkan!

Memilih Editor

Hal penting berikutnya yang harus dipertimbangkan dalam merancang homepage adalah memilih editor untuk membuat dan mengedit file-file HTML Anda. Karena file-file HTML adalah file-file ASCII biasa, maka sebenarnya Anda dapat menggunakan editor-editor teks sederhana seperti EDIT.EXE, WS, SideKick, NotePad, Ms.Write atau WritePad. Editor-editor teks tersebut dapat membimbing Anda mempelajari kode-kode HTML secara luar dalam. Akan tetapi mungkin akan membuat frustasi pada tahap-tahap awalnya karena Anda harus mengetik semua kode HTML baris-per-baris yang dalam perkembangannya mungkin dapat menjadi sangat rumit. Meski demikian, menggunakan teks editor untuk membuat halaman web adalah cara terbaik untuk benar-benar mengerti tentang struktur file HTML.

Pada prakteknya, penggunaan editor teks membuat kita harus bolak-balik antara editor dan browser untuk mengedit dan melihat hasilnya. Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan pada Anda untuk menggunakan editor HTML yang memberikan keleluasaan penuh pada kita untuk menulis kode-kode HTML sendiri sekaligus dapat menampilkan preview-nya. Ada 2 editor semacam ini yang saya sarankan untuk Anda download sebelum mulai membuat halaman-halaman web. Yang pertama adalah HomeSite. Dengan editor ini Anda dapat menciptakan halaman-halaman rumit hanya dalam beberapa menit saja. Beberapa HTML editor dapat anda lihat di tag

Setelah sekian lama melanglang buana di internet dan kenyang menelusuri berbagai macam situs yang ada, mungkin sekarang Anda mulai berpikir untuk membuat dan memiliki homepage sendiri. Dari sekian banyak waktu yang akan Anda habiskan untuk membuat homepage, 80% diantaranya adalah untuk persiapan dan hanya 20%-nya saja yang akan Anda gunakan untuk pekerjaan yang sesungguhnya.

Itulah sebabnya mengapa bagian ini menjadi sangat penting dalam merancang sebuah homepage. Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang harus Anda jawab sebelum merancang sebuah homepage, jawaban yang dapat Anda berikan akan menentukan sukses dan tidaknya homepage Anda!

Mengapa Anda Ingin Membuat Homepage?

Hanya sekedar ingin memiliki homepage? Atau untuk menawarkan dan menjual sesuatu? Anda harus dapat menjawabnya dengan jelas. Jika Anda sendiri tidak tahu mengapa dan tentang apa isi homepage Anda sendiri, maka pengunjung homepage Anda tidak akan tinggal lama dan mungkin tidak akan pernah kembali lagi selamanya!

Siapa Yang Anda Harapkan Tertarik Dengan Homepage Anda?

Apakah Anda ingin memiliki homepage untuk kalangan usia tertentu? Atau untuk semua usia? Apakah Anda ingin memiliki homepage untuk kalangan dengan interest tertentu, seks dan gambar-gambar suuurr misalnya? Atau untuk semua orang? Yang jelas, sebuah homepage dengan daya tarik untuk orang banyak akan mendapatkan lalulintas pengunjung yang padat.

Tipe Homepage Yang Bagaimana Yang Anda Inginkan?

Anda ingin memiliki homepage komersial? Atau homepage personal? Atau kedua-duanya? Homepage komersial adalah homepage yang berisi informasi iklan, penawaran suatu produk, jasa atau servis seperti e-commerce dll. Sementara homepage personal adalah homepage yang berisi informasi-informasi pribadi, materi-materi hobby atau hanya sekedar link-link ke lokasi-lokasi menarik ditempat lain. Banyak ISP yang membuat homepage dengan penawaran ganda. Mereka menarik bayaran untuk halaman-halaman komersial dan dilain pihak memberikan pelayanan gratis untuk halaman-halaman pribadi.

Mengenai Apa Isi Homepage Anda?

Jika Anda akan membuat homepage komersial, apakah Anda ingin mengisinya dengan beberapa produk sekaligus atau satu produk spesifik saja? Jika Anda ingin mengiklankan suatu produk atau jasa, Anda dapat mengisi homepage Anda hanya dengan satu produk atau jasa yang Anda berikan saja. Dengan cara ini, konsumen Anda akan mendapatkan informasi yang diinginkan selengkapnya secara langsung. Dilain pihak, jika Anda membuat homepage pribadi, homepage Anda dapat berisi beberapa interest sekaligus, misalnya hobby, aktivitas, keluarga, sejarah, fotografi, puisi, cerita, hasil-hasil kreatifitas Anda atau hal-hal positif lainnya.

Seperti Apa Tampilan Homepage Yang Anda Inginkan?

Ketika berselancar mengunjungi situs-situs web di internet, Anda mungkin pernah mampir disebuah situs web dan terpesona dengan tampilannya. Lalu dalam hati Anda berkata, “Saya ingin tampilan homepage saya seperti itu!” Cara terbaik untuk memulai membuat homepage dengan tampilan yang Anda inginkan adalah dengan menyimpan halaman situs web tersebut dan mempelajari isi serta struktur kode sumbernya. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak boleh secara langsung menggunakan lay-out atau isi halaman tersebut karena pada umumnya situs web tersebut sudah dipatenkan dan memiliki hak cipta. Lebih dari itu, cara ini hanya akan membuat Anda menjadi seorang WebDuplicater, bukan WebDesainer, apalagi WebMaster!

Dimana Anda Ingin Memasang Homepage Anda?

Setelah rancangan homepage Anda selesai, Anda memerlukan sebuah server untuk menyimpan halaman-halaman homepage Anda. Server ini harus aktif dan terkoneksi dengan jaringan internet selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu agar halaman-halaman homepage Anda dapat dilihat oleh semua orang dari seluruh dunia kapanpun mereka inginkan. Anda dapat saja menitipkan file-file Anda ke sebuah ISP dengan membayar biaya sewa spasi yang berkisar antara 15 s/d 100 US$ sebulan. Akan tetapi itu sama sekali tidak menarik karena yang menjadi incaran kita adalah server-server gratis! Pada saat ini ada ribuan provider server gratis yang bisa Anda manfaatkan. Tergantung dari isi situs Anda, mereka memberikan layanan dari berbagai kategori web (personal, bisnis, hobby, sex/adult, e-commerce dll.) dengan ukuran spasi berbeda-beda (200 K, 100 MB sampai tak terhingga)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda